BERSAMA KITA BANGUN KEMANDIRIAN
KITA PEDULI, KITA BISA ATASI

Rabu, 03 November 2010

PENGERTIAN & KOMPONEN LAPORAN KEUANGAN

Dalam setiap bentuk usaha atau perusahan sudah sewajibnya memiliki informasi keuangan dalam bentuk laporan keuangan.

Laporan keuangan merupakan : salah satu bentuk pertanggungjawaban pimpinan perusahan atau (manajemen) atas tugas-tugas yang diberikan untuk mengelola perusahan kepada pemilik perusahaan atau para Investor.

Yang termasuk dalam komponen laporan keuangan diantaranya :


1. Neraca (Balance Sheet)

Neraca (Balance Sheet) merupakan salah satu bagian atau elemen dari laporan keuangan yang memberikan informasi tentang Aktiva kekayaan (asset) dan Pasiva yang terdiri dari hutang atau kewajiban (Liability) serta modal (Capital) yang digunakan oleh perusahan untuk mencapai tujuan perusahan dan juga sebagai simbol keadaan fisik suatu perusahaan.

Tiga elemen yang terdapat di dalam neraca yaitu :



a. Aktiva : merupakan kekayan yang dikuasi oleh perusahan dan digunakan untuk operasional perusahan untuk mencapai tujuan perusahan dimana aktiva terdiri dari :

1) Aktiva lancar : aktiva yang digunakan oleh perusahan dalam jangka satu tahun

2) Aktiva tetap berwujud : aktiva yang umur penggunanyan lebih dari satu tahun digunakan untuk menunjang operasi perusahan dan memiliki bentuk pisik seperti : gedung, tanah peralatan dan kendaraan.

3) Aktiva tetap tak berwujud : meliputi paten, hak cipta dan goodwill



b. Hutang atau Kewajiban : suatu jumlah yang harus dibayar atau dilunasi oleh perusahan dengan menggunakan kekayaan perusahan kepada pihak diluar pemilik. Hutang terdiri dari 2 yaitu :



1) Hutang Lancar atau jangka pendek : Kewajiban yang harus dilunasi dalan jangka waktu satu tahun atau kurang dalam satu tahun, seperti hutang dagang, hutang wesel dll

2) Hutang Jangka panjang : Kewajiban yang jangka waktu pelunasanya lebih dari satu tahun, seperti Hutang Hipotek, hutang obligasi dll



c. Modal : merupakan suatu jumlah yang disetorkan ke perusahan yang digunaka untuk operasi perusahan tersebut

Dengan membaca laporan posisi keuangan atau neraca suatu perusahan kita mendapat gambaran secara lengkap tentang kondisi perusahan pada saat tertentu tampa harus melihat secara langsung perusahan tersebut.






2. Laporan Rugi Laba (Income Statement)

Laporan rugi-laba merupakan sebuah bentuk laporan yang memberikan informasi tentang hasil usaha dan baiya-biaya yang dikeluarkan selama priode tertentu (misal perbulan, pertiga bulan, perenam bulan dan persatu tahun sesuai dengan keperluan masing-masing ). Selisih antara pendapatan (hasil usaha) dengan biaya-biaya adalah Rugi- Laba.

Laporan rugi- laba terdiri dari beberapa elemen yang terdapat didalam laporan rugi-laba :

a. Pendapatan : merupakan aliran kas masuk dari hasil penjualan barang atau jasa kepada konsumen, adanya aliran kas masuk dari pendapatan akan mengakibatkan naiknya nilai aktiva.

b. Biaya-biaya : Merupakan aliran kas keluar untuk pembayaran segala biaya keperluan operasional dari sebuah perusahan.

Laba : merupakan selisih antara total pendapatan di kurangi total biaya-biaya dan terpadat selisih yang lebih besar pendapatan dari pada biaya maka terjadi laba.

Rugi : Merupakan selisih kebalikan dari laba,



3. Laporan perubahan modal

Laporan perubahan modal atau Statement Of Owners Capital merupakan salah satu bentuk laporan keungan yang memberikan informasi tentang penyebab bertambah atau berkurangnya modal selama dalam masa periode tertentu.

Di dalam laporan perubahan modal terdapat beberapa komponen diataranya :

a. Modal awal : Keseluruhan dana yang di investasikan kedalam perusahan yang digunakan untuk menunjang pengoperasian perusahan pada saat awal perusahan tersebut baru berdiri atau posisi modal awal perusahan pada awal bulan pada tahun yang bersangkutan.

b. Laba / rugi : Selisih dari bersih antara total pendapatan dengan total biaya.

c. Prive : Penarikan sejumlah dana oleh pemilik perusahan yang digunakan untuk keperluan di luar kegiatan / operasional perusahaan atau yang digunakan untuk keperluan pribadi.

d. Modal akhir : Keseluruhan dana yang merupakan hasil akhir dari penambahan modal awal ditambah dengan laba (jika mengalami keuntungan) atau pengurangan modal awal dikurangi rugi usaha (Jika mengalami kerugian) kemudian dikurangi dengan total prive dan hasil merupakan modal akhir.

Jadi unsur yang termasuk di dalam laporan perubahan modal terdiri dari Investasi awal atau modal awal, laba-rugi selama periode yang bersangkutan, prive penarikan modal oleh pemilik dan modal akhir.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.